Wedang Uwuh, Minuman Herbal Khas Jogja yang Menyehatkan

Wedang Uwuh, Minuman Herbal Khas Jogja yang Menyehatkan

Wisata kuliner saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari wisata yang ada di Jogja. Hal tersebut sangat menarik dan bisa menjadi pilihan paket tour di Jogja. Di kawasan ini terdapat berbagai macam kuliner yang enak dan juga nikmat. Kabupaten Bantul memiliki berbagai macam kuliner yang unik dan tidak bisa ditemui ditempat lain. Di sini wisatawan bisa mencoba berbagai macam makanan mie lethek, mangut lele, sate klatak, oseng-oseng emprit, sambel welut, dan masih banyak lagi. Selain makanan, kawasan ini juga terkenal dengan sebuah minuman khas yang bernama wedang uwuh. Wedang uwuh adalah minuman khas dari Bantul yang bahan bakunya berupa aneka rempah herbal yang dilihat sekilas mirip seperti tumpukan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman dan uwuh artinya sampah jadi dapat diartikan wedang uwuh adalah minuman yang menyerupai sampah.

Wedang Uwuh Jogja

Minuman ini bahan utamanya adalah berbagai tumbuhan herbal seperti seperti secang, kayu manis, jahe, sereh, daun jeruk, dan aneka dedaunan. Bahan-bahan tersebut kemudian dimasukkan kedalam gelas dan disedu. Saat disedu bahan-bahan minuman ini tempak seperti sampah yang mengambang di dalam gelas. Rasa dari minuman ini adalah gabungan adntara rasa manis dan pedas dengan aroma harum dan warna merah cerah. Rasa pedas berasal dari jahe di minuman tersebut sedangkan warna merah dihasilkan dari secang yang dicampurkan ke dalam minuman.

Wedang uwuh akan lebih nikmat disajikan saat masih panas atau hangat. Selain itu minuman unik ini juga pas untuk dinikmati ketika malam hari atau di saat hujan turun. Selain hangat di tenggorokan, wedang uwuh juga dapat juga membuat hangat badan. Bahan dasarnya yang alami yaitu berupa rempah dan dedaunan herbal membuat minuman ini terbukti bermanfaat untuk kesehatan. Wedang uwuh banyak terdapat di kawasan Imogiri yang mana minuman ini berasal. Di kawasan ini terdapat banyak warung atau toko yang menjual wedang uwuh. Jika ingin dibawa pulang bisa juga membelinya karena minuman ini telah dikemas dalam plastik agar memudahkannya untuk di bawa kemana-mana.

Lokasi Mencari:

Wedang Uwuh bisa ditemui di warung-warung di kawasan Imogiri Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Minuman ini cocok bisa dinikmati setelah lelah berwisata di objek-objek wisata yang ada di kawasan Mangunan.

Tip Menikmati Wedang Uwuh Jogja:

  1. Saat hangat minuman ini akan terasa lebih nikmat.
  2. Jangan lupa membawa cemilan untuk menemani minuman ini.
  3. Jika kurang nyaman dengan rempah-rempah herbal, dapat disaring terlebih dahulu.
  4. Minumlah secara berlahan.
  5. Bisa ditaruh di botol souvenir tumbler agar mudah dibawa kemana-mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *